Kamis, 15 Januari 2009

who am i

tentang aku,,
aku bernama Ruslan Nawawi
Dilahirkan di sampang, 15 Desember 1986 oleh seorang Umi sangat penyayang dan pekerja keras serta Abah yang sangat bijaksana. aku sangat kagum pada mereka.
tumbuh di keluarga sederhana. bersama sepasang ortu, dua kakak, satu adik, dan tiga keponakan membuat aku terbiasa dengan kesederhanaan(kecuali untuk pengeluaran keuangan yang gak bisa-bisa untuk disederhanakan, gak tahu raib kemana!).

Pendidikan
:
SDN Ketapang laok IV Ketapang sampang,
MTs. Tarbiyatul Athfal Ketapang Sampang,
MA Darul Ulum I Pondok Pesantren Banyuanyar Palengaan Pamekasan,
UIN Malang.

Organisasi:
Pertama kali paham pentingnya organisasi sejak kelas I MA,
1. menjabat sebagai Ketua Redaksi Majalah Dinding "Universal Magazine" OSIS MADU I, yang
mengantarkanku mengenal bidadari bermata elang, sungguh manis... aku belajar untuk jadi
pujangga ulung... terima kasih, Maria Ulfa, inspirasiku, semoga arwahmu ditempatkan di
tempat yang paling mulya di sisiNya.

2. Andika Pramuka GPI Darul Ulum Gudep 963 Pamekasan (MADU I), banyak hal yang aku
pelajari secara intensif, baik disengaja mau pun tidak, di Gerakan ini!! setidaknya, aku
mendapatkan ilmu "survival" yang juga masih dibutuhkan di kota yang kejam ini; Malank,
yang sering membuatku bernasib malang.
3. Anggota Sanggar Sastra dan Teater "Kertas" (selanjutnya menjadi Koordinator Harian)
MADU I. organisasi ini adalah paradoks di pondok kita. perjuangan besar untuk menunjukkan
eksistensi dan kredibilitas sangat menonjol di sini. yach, ketika segala tingkah adalah dianggap
sebagai upaya pelanggaran, segala ucapan adalah wujud pembangkangan, dan segala kreasi
adalah pencoreng nama baik,,,, bilang tidak, bilang bukan, bilang salah paham, semua
percuma! sebab, hanya ada dua warna, hitam atau putih, sekali hitam, tak kan pernah
menjadi putih, karena tidak ada abu-abu... yang ada di hadapan adalah pilihan tobat dan
patuh atau patuh dan tobat!! tapi sebetulnya, aku tahu maksud mereka,, tahu sekali...
apapun, aku cinta Teaterku "Kertas", aku pun cinta almamaterku "Duba"! tak kan pernah
luntur!!! so, saat ini, siapa pun orang nomor satu di kepengurusan Duba,, aku bersamamu,
selagi kamu bersama penerusku... adik2ku,, apa pun yang kalian hadapi, GO AHEAD!!
4. Pimpinan Redaksi "Majalah Ilham Al-Ikhwan" (MIA) MADU I.. yang ini lucu, pasalnya, aku
yang sama sekali belum berpengalaman dalam dunia jurnalis (majalah), langsung ditunjuk
untuk menjadi Pimrednya...kebayang kan!!? bingung bin setresss... tapi mereka punya alasan
untuk tetap mengusungku sebagai pimpinan. alasan mereka, di kepengurusan OSIS
sebelumnya, program kerja yang paling bersinar adalah MADING yang aku pimpin.
secara,,mading dan majalah tidak terlalu jauh berbeda.. so, aku gak bisa ngelak lagi,, dan
alhamdulillah,, aku bersama tim yang cukup solid berhasil menjalankan amanah
kepengurusan selama satu periode. tentunya, sangat banyak sekali pelajaran yang aku tuai.
mulai dari berbagai training hingga pada aplikasi penuh tantangannn. nah,,, pada masa ini
pula, aku pas gila-gilanya berorganisasi, baik intra maupun ekstra, sampe2 sempat terniatkan
untuk tidak naik kelas agar masih tetap bisa secara inten terlibat dalam organisasi. ditambah
lagi, jiwa seni, terlebih sifat kepujanggaanku sedang berada pada klimaks.. sekolah lumayan
kacau, bahkan nyaris gakbisa ikut semesteran. tapi, syukurlah,, masih dapat terselamatkan!
aku naik kelas. rangking kelas, Lagi!! hehe..
5. Sekretaris sementara FLP Ranting Banyuanyar cabang Pamekasan. beberapa saat saja
menjabatnya, karena berbagai alasan, difakumkan
6. Di kelas III, terlarang untuk menjadi pengurus saya didaulat menjadi Penasehat "Sastrawan
Muda Banyuanyar" (Samba) SKKS (sistem kredit kegiatan siswa) oleh adik2 kelas dan
menjadi anggota Fraksi III Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS), oya, pas kelas III juga,
aku menjabat sebagai Pimred majalah Pesantren "al-Ikhwan", tapi saking kompleksnya
konflik yang digawangi oleh dedengkotnya pengurus pesantren dengan pola Orba, maka
majalah yang sejatinya terbitan perdana itu, terulur-ulur hingga sampe aku lulus tidak
berhasil diterbitkan.(emang dasar, aku gak bakat jadi pemimpin yang baek!)
7. mengabdi di lembaga Nurul Huda, Payudan Daleman, Guluk-guluk, Sumenep. sebagai:
a. Pengajar MI, MD, MTs. Nurul Huda
banyak warna kehidupan yang mengajariku,,memperingatiku,,dan bahkan
memperbudakku di lembaga ini. hitam,,putih,,merah,,biru,,sedap,,pahit,,besar,,kecil,,
sayang,,benci,,hewan,,manusia,,busuk,,dan suci,, semua menjadi satu.... nyaris buta..kalau
tak biasa.... tapi aku telah terlatih makan empedu campur gula yang ramuan koki
profesional..
b. Pembina OSIS dan Ekskul (Pramuka dan Teater)
I Luv my Students...
Kalian Asyik-asyik,,, kita kemping bareng,, berlumur lumpur bareng,, nyelam di laut
bareng,, daki gunung bareng,, jelajah bareng,, nangis bareng,, ketawa bareng...
kesan itu sangat dalem,, terlalu indah untuk dilupakan (ciee,, kayak slenk aja!)
n ....sstt... di pengabdian, aku mendapatkan soulmate yang nyaris sempurna! tapi sayang,,,
hiks!!!
POKOKE, tempat Pengabdianku adalah pasarku....
nah, habiz ngabdi,, kuliah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah (Hukum Perdata Islam).. agak idealis.. dan aktif di:
8. HMI Cabang Malang Komisariat Syariah-Ekonomi (Syaeko) UIN Malang..
di sini neh, tempatnya betul-betul belajar manajement konflik! soalnya, selalu kepentok ma
masalah yang berkepanjangan,, diperparah lagi oleh masalah yang terwariskan... tapi justru
itu yang menjadi lahan pendewasaan dan pematangan diri menuju Insan Cita,,,
dan darahku memang darah hijau dan hitam (warna kebesaran HMI)... sekali pun kadang
menjadi sosok yang paradoksal,,, tapi hakikatnya adalah jiwa yang satu dalam konstruksi
ideologi Himpunan... semoga betul-betul menjadi kader yang militan dan mencapai tujuan
hidup yang sesungguhnya, yang pada dasarnya telah menjadi tujuan bersama di Himpunan..
9. Ketua Biro Litbang Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) Cabang Malang..
sekali pun terdaftar sebagai Mahasiswa di Fakultas Hukum Islam,, saya 9dan beberapa
teman yang lainnya),, dapat bergabung dan berproses di organisasi ini. bahkan saya didaulat
sebagai Ketua Biro...
organisasi ini masih belajar bernafas lagi di Malang setelah lama tertidur pulas dan
ditinggalkan ruhnya sekitar sepuluh tahun... namanya juga belajar bernafas,,tentunya banyak
kendala untuk cepat berlari.... tapi besar harapan kami untuk membesarkan namanya,, lebih
besar dari nama SBY (haha).
10. Ketua Divisi Litbang Forum Komunikasi Mahasiswa Santri Banyuanyar (FKMSB) wilayah
Malang..... organisasi ini, spesial sekali..... loyalitas terhadap organisasi ini menjadi wujud
terima kasih terhadap almamater yang telah banyak menyumbang sum-sum dalam tulangku
thanks a lot to Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar,,, Palengaan Madura....
baaraka Allah.....

Asmara,
habis ditinggal selingkuh,,
lagi cari yang betul-betul bisa menerima aku apa adanya...
sifatku, fisik(memperihatinkan)ku, dompet(kering)ku,

Keuangan,
Sangat berterimakasih sekali kepada Abah yang telah terpontang-panting menggajiku setiap bulan. padahal aku kuliahnya,, hiks hiks.... jangan bilang2, semoga gak memalukan saja, saat nanti harus kembali ke kampoang! padahal, kayaknya, aku bakal difigurkan(wagagag..)!!
tapi aku yakin, esok akan selalu ada rejeki numpluk,, sekali pun hari ini, aku harus gali lobang untuk menutup lobang yang lain... gajian dari ortu bukannya gak cukup se! tapi emang dasar,,, akunya gak bisa biarin duit berdiam lama... haha... makanya, aku kerap meminta kepada Tuhan agar dapet anak ekonomi (hihi), sekali pun gak kul di jurusan manajemen, setidaknya mentalnya yang mental anak menejemen..

Obsesi,
sebetulnya, pengin banget jadi orang kaya, kaya harta, hati, jiwa, otak, asmara,,, but but but....
did not come true, may be... tomorrow, after n after...

Hoby,
cukuran jenggot-kumis (haha), bioskopan (kadang bikin sendiri/kadang to real teatre!), ngenet (tapi suka nyasar ke yang terlarang-terlarang gitu!! ampun, DJ).

More,
Sekarang ini sedang kagum berat sama anak kecil bernama Cakka Kawekas Nuraga,, anak yang muncul di Idola Cilik 2 ini betul-betul Amazing.... bahkan saya bercita-cita,, kalau nanti punya anak,, pengin anaknya kayak Cakka... He's the Next Rising Star... adakah yang bersedia memberi keturunan kayak Cakka padaku????!!!! semoga bukan sekedar mimpi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar